Pengakuan (recognition) merupakan proses pembentukan suatu pos yang memenuhi definisi suatu unsure serta criteria pengakuan dalam neraca atau laporan laba rugi. Pendapatan dan biaya akan diakui dalam Laporan laba rugi jika kenaikan dan penurunan manfaat e

Sri Supadmini

Abstract


Pengakuan (recognition) merupakan proses pembentukan suatu pos yang memenuhi definisi suatu unsure serta criteria pengakuan dalam neraca atau laporan laba rugi. Pendapatan dan biaya akan diakui dalam Laporan laba rugi jika kenaikan dan penurunan manfaat ekonomi dimasa depan yang berkaitan dengan peningkatan dan penurunan aktiva atau penurunan dan peningkatan kewajiban telah terjadi dan dapat diukur dengan andal.
Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kontruksi (kontraktor) maka dalam pengakuan pendapatan dan biaya harus dilihat dari sifat pekerjaan yang sudah dapat diukur atau diestimasi atau tidak. Apabila hasil (Outcome) kontrak konstruksi dapat diestimasi secara andal, maka pendapatan kontrak dan biaya kontrak yang berhubungan dengan kontrak konstruksi harus diakui masing-masing sebagai pendapatan dan beban dnegan memperhatikan tahap penyelesaian aktivitas kontrak pada tanggal neraca. Taksiran rugi (expected loss) pada kontrak konstruksi tersebut harus segera diakui sebagai beban.
Dalam metode kontrak selesai , pendapatan dilaporkan atas dasar hasil akhir taksiran dan pengaruhnya terhadap laba dapat menimbulkan distorsi karena pendapatan tidak dilaporkan sampai kontrak selesai.
Kata Kunci : Pendapatan, Neraca, Laba Rugi dan Kontrak Konstruksi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59112/ekowir.v7i15.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Developed by BAPSI UG
https://link.pa-pematangsiantar.go.id/