ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA PT. GUDANG GARAM Tbk. ( LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2010 )

Supardi Supardi

Abstract


Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan melalui analisis laporan keuangan, yang menggunakan analisis rasio yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio rentabilitas. Jenis penelitian yang dilakukan berupa studi kasus pada perusahaan pengolah tembakau yang listing di Bursa Efek Indonesia , yaitu: PT Gudang Garam Tbk.. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dokumentasi.
Teknik yang digunakan penulis untuk menjawab rumusan masalah adalah menghitung rasio-rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2010. kemudian penulis menganalisis dengan time series anaysis dan menginterpretasikan hasil-hasil yang diperoleh.
Berdasarkan analisis time series anaysis yang dilakukan dapat diketahui bahwa perusahaan pengolah tembakau yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2010 khususnya PT Gudang GaramTbk. semuanya berada dalam kondisi likuid dan solvabel. Rentabilitas ekonomi,rata-rata selama tahun 2005 sampai dengan tahun 2010 untuk PT Gudang GaramTbk adalah sebesar14,38%. dimana nilai rentabilitas ekonomi ini menggambarkan rata-rata kemampuan perusahaan yang bersangkutan dalam menghasilkan laba/rugi usaha dengan aktiva yang dimiliki selama tahun 2005 sampai dengan tahun 2010.
Kata kunci: current ratio, quick ratio, total assets to total debt ratio, net worth to debt ratio, rentabilitas ekonomi, rentabilitas modal sendiri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Developed by BAPSI UG