ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR DALAM PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris: Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di BEI 2007-2011)

Retno Pudjiastuti, Untara Untara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit tahun sebelumnya, kualitas audit, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap pemberian opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di BEI pada periode 2007-2011. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik.
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara bersama-sama opini audit tahun sebelumnya, kualitas audit, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern. Secara parsial, diperoleh bukti bahwa hanya opini audit tahun sebelumnya dan profitabilitas yang berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern. Sedangkan kualitas audit, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor.
Kata Kunci : opini going concern, pemberian opini audit going concern

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Developed by BAPSI UG