PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019)

Untara Untara, Titi Ayem Lestari, Wendri Sukmarani

Abstract


Abstract

The purpose of the research is to determine the effect of Corporate Social Responsibility, Profitability and Firm Size on Firm Value of the company in food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The research used 15 sample of mining companies listed on the Indonesian stock exchange for the period 2015-2019 so that total samples 45 by using a purposive sampling technique. This research used multiple linear regression analysis method with statistical software tools SPSS version 25 which is used for descriptive statistical testing and linear regression. The result of the research about the effect of Corporate Social Responsibility, Profitability and Firm Size to the Value of the Company in the mining company registered in Indonesian Stock Exchange for the period 2017-2019 are: (1) Corporate Social Responsibility has no effect on Firm Value, (2) Profitability effect on Firm Value, (3) Firm Size effect on Firm Value.

Keywords : Corporate Social Responsibility, Profitability, Firm Size and Firm Value.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adhitya, R., Nila, S., & Nuzula, F. (2016). "Pengaruh Pengungkapan CSR dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI)". Jurnal Administrasi Bisnis, 31 (1).

Ardianto, E., & Machfudz, D. M. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elex Media Computindo.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Dasar - Dasar Manajemen KEuangan. Edisi Kesebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Darmawan, A., Putragita, Y., Purnadi, & Aryoko, Y. P. (2020). "Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Kontrol". Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5 (1), 83-92.

Dewantari, N. S., Cipta, W., & Susila, G. A. (2019). "Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage serta Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverage di BEI". Jurnal Manajemen, 5 (2), 68-75.

Fahmi, I. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadi, N. (2018). Corporate Social Responsibility, Edisi 2. Yogyakarta: Expert.

Harahap, S. S. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hery. (2018). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Joenathan, T. (2021). "Pengaruh Intensitas Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas serta Inteaksinya Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018". Skripsi Universitas Gunadarma.

Adhitya, R., Nila, S., & Nuzula, F. (2016). "Pengaruh Pengungkapan CSR dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI)". Jurnal Administrasi Bisnis, 31 (1).

Ardianto, E., & Machfudz, D. M. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elex Media Computindo.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Dasar - Dasar Manajemen KEuangan. Edisi Kesebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Darmawan, A., Putragita, Y., Purnadi, & Aryoko, Y. P. (2020). "Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Kontrol". Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5 (1), 83-92.

Dewantari, N. S., Cipta, W., & Susila, G. A. (2019). "Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage serta Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverage di BEI". Jurnal Manajemen, 5 (2), 68-75.

Fahmi, I. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadi, N. (2018). Corporate Social Responsibility, Edisi 2. Yogyakarta: Expert.

Harahap, S. S. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hery. (2018). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Joenathan, T. (2021). "Pengaruh Intensitas Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas serta Inteaksinya Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018". Skripsi Universitas Gunadarma.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali.

Koeshardjono, R. H., Priantono, S., & Amani, T. (2019). "Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial dan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating". Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia, 4 (2).

Nopriyanto. (2017). "Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibiloty Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Skripsi Universitas Sriwijaya.

Prasetyorini, B. F. (2013). "Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan". Jurnal Ilmu Manajemen, 1 (1).

Pristianingrum, N. (2017). "Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia". Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis, hal. 353-364.

Rudangga, I. N., & Sudiarta, G. M. (2016). "Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahan". E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5 (7), 4394-4422.

S, S., & M, M. (2017). "The Effect of Asset Structure and Firm Size on Firm Value with Capital Structure as Intervening Variabel". Journal of Business & Financial Affairs, 6 (4), 4-8.

Sudana, I. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tarima, G., Parengkuan, T., & Untu, V. (2016). "Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014". Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4).

Titipratiwi, H. (2019). "Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corprorate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus: Perusahaan Barang Konsumsi Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2017). Skripsi Universitas Gunadarma.

Wahyudi, H. D., Chuzaimah, & Sugiarti, D. (2016). "Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Penggunaan Indeks Lq-45 Periode 2010-2014)". Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1 (2), 156-164.

Yahdiyani, A., & Suryono, B. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6 (7), 1-18.

Zulaika, T., & Sihombing, G. (2019). "Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: (Studi EmpirisPada Indeks SRI-KEHATI yang Terdaftar di BEI)". Jurnal Akuntansi dan Governance, 2 (2), 135-165.




DOI: http://dx.doi.org/10.59112/ekowir.v18i01.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Developed by BAPSI UG
https://link.pa-pematangsiantar.go.id/